![]() |
Lokomotif CC 201 49 menarik KA Angkutan BBM (Ketel) |
Lokomotif CC 201 135R mutasi ke Pulau Jawa setelah kepunyaan Divre 3 Sumut |
Lokomotif CC201 terdiri dari beberapa generasi, yaitu :
- CC 201 Generasi I meliputi CC 201 no. urut 01-28 didatangkan pada tahun 1977
- CC 201 Generasi II meliputi CC 201 no. urut 29-38 didatangkan pada tahun 1978
- CC 201 Generasi III meliputi CC 201 no. urut 39-72 didatangkan pada tahun 1983
- CC 201 Generasi IV meliputi CC 201 no. urut 91-110 didatangkan pada tahun 1992
- CC 201 Hasil Modifikasi dari BB 203 meliputi CC 201 no. urut 73-90 dan 111-144.
Bahan bakar: 3028 liter
Minyak pelumas: 984 liter
Air pendingin: 684 liter
Lain-lain
Sistem rem: Udara tekan, dinamik, parkir
Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
Beberapa lokomotif CC 201 yang sedang tidak beroperasi/sudah diupgrade menjadi lokomotif CC 204 :
- Lokomotif CC 201 33 dan CC 201 35 yang mengalami PLH di daerah Gunung Payung, dekat Jembatan Kali Serayu pada tanggal 21 Januari 1981.
- Lokomotif CC 201 121R yag mengalami PLH di petak Kertapati-Tanjungkarang, Lampung (Divre 3 Sumsel) pada Maret 2005.
- Lokomotif CC 201 83R yang mengalami PLH dengan Lokomotif CC 202 16 yang membawa KA Babaranjang (Batu Bara Rangkaian Panjang) pada bulan Februari 2012.
- Lokomotif yang diupgrade menjadi lokomotif CC 204 batch 1 : CC 201 03 (CC 204 01), CC 201 11 ( CC 204 02), CC 201 16 ( CC 204 03), CC 201 37 ( CC 204 04), CC 201 32 ( CC 204 05), CC 201 06 ( CC 204 06) dan CC 201 12 (CC 204 07)
- CC 201 06 kepemilikan Dipo Induk SDT (sekarang lokomotif ini diupgrade menjadi CC 204 06)
- CC 201 19 kepemilikan Dipo Induk SDT (bentuknya kembali normal)
- CC 201 47 kepemilikan Dipo Induk YK (bentuknya kembali normal)
- CC 201 56 kepemilikan Dipo Induk PWT (bentuknya kembali normal)
- CC 201 76R dulu milik Dipo Induk JNG, sekarang sudah mutasi ke MDN (kembali normal, lokomotif hasil modifikasi BB 203)
Berikut data teknis lokomotif CC 201 :
Panjang body: 14134 mm
Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
Panjang body: 14134 mm
Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
Lebar badan (body): 2642 mm
Tinggi maksimum: 3636 mm
Jarak gandar: 3304 mm
Jarak antar pivot: 7680 mm
Diameter roda penggerak: 914 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat perangkai: 770 mm
Tipe: GE-7FDL8 ( GENERAL ELECTRIC-1957 FOR DIESEL LOCOMOTIVE 8 Cylinders )
Jenis: 4 langkah, turbocharger
Daya Mesin: 1950 HP
Daya ke generator/converter: 1825 HP
Motor Traksi/Converter
Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: GE 761, arus searah ( DC-DC )
Gear ratio: 90 : 21
Tipe generator: GT 581
Kinerja
Kecepatan maksimum: 120 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 17640 kgf
Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
Jari-jari lengkung terkecil: 56.7 m
Berat
Berat kosong: 78 ton
Berat siap: 84 ton
Berat adhesi: 84 ton
Tidak ada komentar:
Posting Komentar