Kamis, 30 Mei 2019

Lokomotif CC 200

Lokomotif CC 200 adalah lokomotif diesel elektrik pertama di Indonesia buatan pabrik General Electric tahun 1953. Dengan berat 96 ton, lokomotif ini dipesan oleh PJKA sebanyak 27 buah lokomotif. Saat ini, lokomotif CC 200 populasinya hanya tersisa 1 buah lokomotif saja yang masih hidup, yaitu lokomotif CC 200 15. Sementara 2 buah lokomotif lainnya yaitu CC 200 08 dan CC 200 09 sudah dibawa ke Balai Yasa Yogyakarta dan sudah dinyatakan pensiun. Saat ini, lokomotif CC 200 15 dapat ditemui di Dipo Lokomotif Cirebon (CN). Lokomotif ini memiliki daya mesin sebesar 1750 HP dengan susunan gandar Co' 2 Co' yang artinya lokomotif memiliki 2 bogie penggerak yang masing-masing bogienya memiliki 3 gandar penggerak dengan motor traksi dan memiliki 1 bogie Idle seperti lokomotif BB 204.
Berikut data teknis Lokomotif CC 200 :


Dimensi: Lebar sepur (track gauge): 1.067 mm
Jarak antar alat perangkai: 17.070 mm
Lebar badan: 2.819 mm
Tinggi maksimum: 3.651 mm
Jarak gandar: 3.610 mm
Jarak antar pivot: 9.556 mm
Diameter roda penggerak: 908 mm
Tinggi alat perangkai: 760 mm


Berat: Berat kosong: 92 ton
Berat siap: 96 ton
Berat adhesi: 72 ton


Motor diesel: Tipe: ALCO 244E
Jenis: 4 langkah
Daya mesin: 1.750 HP
Daya ke generator/converter: 1.600 HP


Motor traksi/converter: Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: GE 761


Performansi: Kecepatan maksimum: 100 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 15.120 kgf
Jari-jari lengkung terkecil: 140 m
Kapasitas: Bahan bakar: 1.900 lt
Minyak pelumas: 750 lt
Air pendingin: 900 lt
Pasir: 600 lt


Lain-lain: Sistem rem: udara tekan
Saat CC 200 masih berjaya
Lokomotif CC 200 05 saat asih hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posisi Tempat Duduk menghadap Depan, KA. Serayu 126 PSE - KAC

Naik Kereta Api Ekonomi Serayu, ini Tips nya. Naik Kereta Api menjadi salah satu alternatif perjalanan travelers yang menyenangkan, tid...