Lokomotif CC 200 adalah lokomotif diesel elektrik pertama di Indonesia
buatan pabrik General Electric tahun 1953. Dengan berat 96 ton,
lokomotif ini dipesan oleh PJKA sebanyak 27 buah lokomotif. Saat ini,
lokomotif CC 200 populasinya hanya tersisa 1 buah lokomotif saja yang
masih hidup, yaitu lokomotif CC 200 15. Sementara 2 buah lokomotif
lainnya yaitu CC 200 08 dan CC 200 09 sudah dibawa ke Balai Yasa
Yogyakarta dan sudah dinyatakan pensiun. Saat ini, lokomotif CC 200 15
dapat ditemui di Dipo Lokomotif Cirebon (CN). Lokomotif ini memiliki
daya mesin sebesar 1750 HP dengan susunan gandar Co' 2 Co' yang artinya
lokomotif memiliki 2 bogie penggerak yang masing-masing bogienya
memiliki 3 gandar penggerak dengan motor traksi dan memiliki 1 bogie
Idle seperti lokomotif BB 204.
Berikut data teknis Lokomotif CC 200 :Jarak antar alat perangkai: 17.070 mm
Lebar badan: 2.819 mm
Tinggi maksimum: 3.651 mm
Jarak gandar: 3.610 mm
Jarak antar pivot: 9.556 mm
Diameter roda penggerak: 908 mm
Tinggi alat perangkai: 760 mm
Berat siap: 96 ton
Berat adhesi: 72 ton
Jenis: 4 langkah
Daya mesin: 1.750 HP
Daya ke generator/converter: 1.600 HP
Motor traksi/converter: Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: GE 761
Gaya tarik maksimum (adhesi): 15.120 kgf
Jari-jari lengkung terkecil: 140 m
Minyak pelumas: 750 lt
Air pendingin: 900 lt
Pasir: 600 lt
Lain-lain: Sistem rem: udara tekan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar