Lokomotif CC 205 adalah
lokomotif milik
PT Kereta Api Indonesia (Persero) buatan
Electro-Motive Diesel, Inc.,
Kanada. CC 205 adalah lokomotif terberat di
Indonesia,
yakni seberat 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa
tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur dan dalam hal ini 2 lokomotif
CC 202 bisa diganti dengan 1 lokomotif CC 205. Lokomotif ini tiba di
Indonesia, tepatnya di
Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya dikhususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batu bara (
Babaranjang) di
Divisi Regional III Palembang dan
Divisi Regional IV Tanjungkarang.
Lokomotif CC 205 merupakan salah satu lokomotif berteknologi modern di
Indonesia. Ada total 55 unit lokomotif CC 205 yang beroperasi di Sumatra
bagian selatan, dengan rincian 6 unit kedatangan tahun 2011, 44 unit
kedatangan tahun 2013, dan 5 unit bonus kedatangan tahun 2014.
Lokomotif ini memiliki nomor seri GT38ACe, yang berarti lokomotif
ini bisa digunakan untuk keperluan penumpang atau barang dan memiliki
mesin V8 turbo, motor AC dan berkonfigurasi Co'Co'. Berikut ini makna
GT38ACe:
- G = desain standar roadswitcher EMD untuk pasar ekspor di luar Amerika
- T = mesin dilengkapi turbocharger
- 38 = mesin EMD seri 710G yang memiliki 8 silinder
- AC = motor traksi AC
- e = dilengkapi sistem injeksi bahan bakar elektronis sehingga mesin
bertenaga besar, efisien, dan emisi gas buang telah memenuhi persyaratan
Enviromental Protection Agency (EPA) Tier-2.
 |
CC 205 13 17 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar